Categorized | Uncategorized

Chocolate Wars

Posted on 25 Februari 2012 by nurul47

Nurul Firdausi
Based on lecture by Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M. Sc
Marketing Class R-47
Master of  Management and Business Agricultural University
(Institut Pertanian Bogor-IPB), Indonesia

Marketing Class note:

Inspiration Sentences in Chocolate Wars Video 

” believe in the power of advertising”

“in the business world there is no friend but there is enemy”

 

marketing mix based on that video:

Tahun 1893, hershey terkesan dengan pembuatan coklat yang diproduksi saat dipamerkan di Jerman. Kemudian Hershey kembali ke negaranya dan bertekad membuat variasi permen coklat. walaupun sebelumnya Hershey memiliki perusahaan yang sudah sukses, beliau memutuskan untuk lebih memilih fokus dalam pembuatan coklat karena aromanya yang menggiurkan dan peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Dalam video chocolate wars, banyak konsep pemasaran yang dapat kita pelajari. Kita mulai dari konsep Marketing Mix, yaitu 4P :

Product : Produk yang ditawarkan oleh perusahaan Hershey dan Mars adalah coklat. Kedua perusahaan ini selalu berusaha untuk memberikan inovasi kepada produk yang mereka tawarkan.

Price: Harga yang ditawarkan oleh Hershey dan Mars sangat relatif sedangkan Godiva lebih menawarkan produk dengan harga premium yang menyediakan cafe-cafe khusus pembuatan coklat

Promotion: MnM menggunakan iklan sebagai media promosi, dengan penambahan animasi, MnM mampu menarik para konsumen untuk membelinya. Sedangkan Hershey yang awal mula tidak percaya dengan iklan, lama-kelamaan menggunakan iklan sebagai media promosinya.

Place: distribusi kepada market-market yang digunakan oleh Hershey dan MnM digunakan agar konsumen dapat menemuinya dimanapun. Sedangkan HHershey dan MnM juga mendistribusikannya kepada tentara Amerika yang sedang berperang

 

 

 

Regard

 

 

 

Nurul Firdausi

Skip to toolbar