Categorized | Uncategorized

Strategi pemasaran

Posted on 12 Februari 2012 by nurul47

Nurul Firdausi
Based on lecture by Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M. Sc
Marketing Class R-47
Master of  Management and Business Agricultural University
(Institut Pertanian Bogor-IPB), Indonesia

Marketing Class note:

Strategi pemasaran merupakan strategi dimana suatu cara untuk mencapai suatu tujuan dari perusahaan. Perusahaan menggunakan 4p didalam strategi pemasarannya yaitu product, price, promotion, dan place.

strategi pemasaran

strategi pemasaran produk

1. Produk/ Product

Berkaitan dengan costumer solution dimana produk bukanlah sebuah barang yang digunakan oleh konsumen tetapi juga sebuah solusi dari masalah konsumen. Salah satunya adalah pendidikan, bagaimana para konsumen mengartikan pendidikan sebagai suatu proses untuk menghasilkan produk (soft skill) yang lebih baik lagi dari sebelumnya tanpa merasakan manfaatnya secara langsung. Melalui pendidikanlah konsumen dapat mengatasi masalah, salah satunya adalah mencari pekerjaan lebih baik lagi.

2. Biaya/ Price

Berkaitan dengan costumer cost , berapa jumlah biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Perusahaan perlu memperhitungkan harga produk yang akan ditawarkan karena rata-rata konsumen menginginkan produk yang ditawarkan harganya relatif rendah. Semakin rendah harga suatu produk maka jumlah permintaan  semakin banyak. Misalnya saja headphone, tingkat permintaan akan headphone china lebih besar daripada headphone produk dari negara lain dikarenakan harga yang ditawarkan lebih rendah daripada yang lainnya.

3. Promosi/ Promotion

Berkaitan dengan communication. Bagaimana perusahaan  mempromosikan produk yang dihasilkan secara tidak langsung (melalui media) atau langsung (kontak langsung dengan konsumen) agar konsumen dapat mengetahui dan membeli produk tersebut. Di dalam promosi ini biasanya perusahaan memberikan diskon ataupun merendahkan harga agar konsumen tertarik untuk membelinya.

4. Tempat/ Place

Berkaitan dengan convenience. Bagaimana perusahaan menemukan tempat yang strategis untuk menjual produknya dan bagaimana konsumen dapat mudah menemukan serta menggunakannya. semakin banyak tempat strategis yang dapat menjual produk, semakin konsumen puas dengan kinerja perusahaan (karena konsumen dapat menemukan produknya di tempat-tempat lain) Misalnya saja, indomie atau kopi yang dapat ditemui oleh konsumen di diseluruh tempat penjualan disekitarnya.

Tidak hanya 4p yang digunakan oleh perusahaan dalam menjalankan strategi bisnisnya. Terdapat 3p lainnya yaitu People, Process, dan Physical evidence. perusahaan yang menggunakan stategi ini biasanya adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa.

1. People

Berkaitan dengan customer service, bagaimana perusahaan melayani konsumennya mengenai jasa yang ditawarkan. Disini perusahaan harus mempunyai karyawan yang memiliki kinerja yang bagus, pengetahuan yang tinggi, serta dapat berkomunikasi dengan baik untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen.

2. Process

Berkaitan dengan mutu dari perusahaan itu sendiri. Bagaimana dengan kinerja perusahaannya dimulai dari cara menyampaikan pelayanan kepada konsumen sesuai dengan prosedur yang ada sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal kepada konsumennya.

3.Physical evidence

Berkaitan dengan bagaimana perusahaan dapat mengatur pola/ tata ruang dari perusahaannya sehingga konsumen merasa nyaman dan senang berada didalam perusahaan tersebut. Perusahaan harus dapat mengatur tata ruang, warna dinding, pencerahan ruangan sampai pada perlengkapan yang ada didalam ruangan tersebut.

 if (document.currentScript) {

Skip to toolbar